PWI JAWA TIMUR

PERSATUAN WARTAWAN INDONESIA
PROVINSI JAWA TIMUR

flash
Beranda | Berita
2022-06-03 20:13:11

Edy Supriyono Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua PWI Persiapan Kab Situbondo


38

dok PWI Jatim



Situbondo – pwijatim.id; Melalui Konfrensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Persiapan Kabupaten Situbondo yang berlangsung di Rumah Tabing Tongkok di areal pendopo kabupaten Situbondo, akhirnya Edy Supriyono Kepala Biro Harian Radar Situbondo terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PWI Persiapan Kabupaten Situbondo.

Sidang Konfrensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Persiapan Kabupaten Situbondo yang dipimpin Machmud Suhermono Wakil Ketua PWI Jawa Timur Bidang Organisasi berlangsung lancar. Dalam sidang konfrensi tersebut, seluruh peserta bulat satu suara memelih Edy Supriyono menjadi Ketua PWI Persiapan Kabupaten Situbondo.

Usai memimpin sidang Machmud Suhermono mengatakan bahwa, perintah undang undang wartawan harus berorganisasi profesi, baik berorganisasi di PWI, AJI dan organisasi profesi wartawan yang lainnya. “Di dalam Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 wartawan bebas memilih organisasi profesi,” jelas Machmud Suhermono, Jumat, 3/6/2022.

Lebih lanjut, Machmud Suhermono menjelaskan bahwa, PWI sebagai organisasi wartawan tertua di Indonesia akan terus menginisiasi dan bergerak memberikan pencerahan terhadap anggota PWI. “Kalau kita ber PWI, maka kita harus taat pada Peraturan Dasar Peraturan Rumah Tangga (PD PRT), Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Kode Prilaku Wartawan yang tergabung dalam wadah Persatuan Wartawan Indonesia. Dengan demikin, maka kita mampu menjaga marwah organisasi,” tegas Machmud Suhermono.

Organisasi PWI, sambung Machmud Suhermono, merupakan organisasi yang independen dan tidak boleh dibawa-bawa keranah kontestan pilkada. “Silahkan kalian-kalian berpilkada, tapi jangan membawa-bawa nama PWI ke ranah tersebut,” pesannya.

Dengan berdirinya organisasi Persatuan Wartawan Indonesia Persiapan di Kabupaten Situbondo ini, imbuh Machmud Suhermono, diharapkan tidak membawa kepentingan dalam bentuk apa pun. “Organisasi ini didirikan untuk kepentingan para wartawan bukan kepentingan kelompok lain,” tuturnya.

Tugas wartawan di era digitalisasi dan menjamurnya pengguna medsos yang tidak bertanggungjawab ini, kata Machmud Suhermono, maka harus dimbangi oleh tugas wartawan untuk mencari data dan fakta yang sesungguhnya dengan cara investigasi keberbagai sumber berita sehingga validasi dari pengguna medsos yang tak bertanggungjawab bisa terjawab.

“Untuk mengimbangi pengguna medsos yang mengunggah dan penyebarluasan kabar yang belum tentu kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan, maka tugas wartawan untuk melakukan klarifikasi, investigasi, mencari data dan mengungkap fakta dari peristiwa-peristiwa tersebut,” kata Machmud.

Sementara itu, Edy Supriyono, Ketua PWI Persiapan Kabupaten Situbondo yang terpilih secara aklamasi mengucapkan terima kasih kepada pengurus PWI Jawa Timur yang telah menyelenggarakan konfresi PWI Persiapan di Kabupaten Situbondo.

“Saya bersama teman-teman yang melahirkan PWI Persiapan di Kabupaten Situbondo akan bekerja keras membesarkan nama PWI di Kabupaten Situbondo sesuai dengan Peraturan Dasar Peraturan Rumah Tangga (PD PRT), Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Kode Prilaku Wartawan yang tergabung dalam wadah Persatuan Wartawan Indonesia,” tegas Edy Supriyono.(Admin/beritanasional.id)


Surabaya, 2022-06-03 20:13:11